Rabu, 29 September 2010

mengenal TENTANG EKONOMI KOPERASI SEKOLAH

Koperasi merupakan badan usaha yang paling sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia karena kegiatannya dilaksanakan berdasarkan asas kekeluargaan. Sama juga dengan koperasi sekolah, koperasi sekolah adalah badan usaha yang berasas kekeluargaan yang didirikan dilingkungan sekolah-sekolah, dari sekolah dasar sampai sekolah menengah dengan beranggotakan para siswa dan pembimbingnya adalah guru.
                keberadaan koperasi sekolah dibentuk berdasarkan surat keputusan beberapa departemen, yaitu: Departemen pendidikan dan kebudayaan yang sekarang telah menjadi Departemen pendidikan nasional serta Departemen Transmigrasi dan koperasi, didalam surat keputusan pada tanggal 18 juli 1972 No. 275/KPTS/Mentraskop/72. ditegaskan bahwa koperasi dapat didirikan di sekolah-sekolah, baik disekolah negeri maupun swasta, atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya
                Menurut saya,  Keberadaan Koperasi sekolah  merupakan salah satu usaha untuk menumbuhkembangkan jiwa koperasi (kerja sama) kepada siswa yang kelak akan menjadi penerus pembangunan bangsa dan Negara. Koperasi sekolah juga menjadi sarana bagi siswa untuk pembelajaran berorganisasi ,  menumbuhkan rasa toleransi dan mempererat rasa kekeluargaan.
Beberapa tujuan dan manfaat dengan adanya koperasi sekolah antara lain:
·         Menddik, menanamkan dan memelihra kesadaran hidup bergotong royong dan rasa kesetiakawanan diantara siswa.
·         Memupuk rasa cinta pada sekolah.
·         sebagai sarana untuk belajar dan berkarya, serta sarana untuk mempermudah mendapatkan alat-alat kebutuhan sekolah.

Tidak ada komentar: