Kamis, 31 Desember 2009

S A L U A N G

Saluang merupakan alat musik tiupyang berfungsi mengiringi dendang tradisional minangkabau dalam tradisi “saluang dendang”. kegembiraan, kesedihan dan kerinduan hati masyarakat dapat diungkapkan melalui pantun “saluang-dendang”.

dewasa ini alat tiup saluang ada yang dilaras sesuai tuntutan komposisi musik kreasi baru dan musik populer,karena sudah memasyarakatnya kehidupan tradisional musik “saluang dendang” maka kesenian ini tidak khawatir terhadap inovasi

  • NILAI CINTA KASIH

-Nilai cinta kasih yang terdapat pada film saluang terletak pada saat sepasang insan manusia sedang jatuh cinta dan mereka pun saling menyukai satu sama lain.

  • NILAI KESEDIHAN

-Nilai kesedihan yang terdapat pada film saluang terletak pada saat sepasang insan manusia yang saling bercinta tapi cintanya di pisahkan karena orang tua wanita tidak setuju karena laki-lakinya seorang peniup saluang.

  • NILAI MORAL

-Nilai moral yang terdapat pada film saluang terletak,bahwa seorang wanita tidak baik meyendiri lama-lama di karenakan jika berlama-lama menyendiri di takutkan jodohnya lama di temukan.

  • NILAI KEBUDAYAAN

-Nilai kebudayaan yang terdapat pada film saluang terletak pada alat musik saluang yang sangat kental berasal dari minangkabau,bahwa seorang yang memainkan alat musik harus berasal dari seorang pemain genderang agar jiwanya cepat menyatu dengan alunan musik saluang.

Tidak ada komentar: