Senin, 31 Januari 2011

Kata Mutiara Bung Karno

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Bung Karno Presiden RI(1945 – 1966)

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno)
“Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno)
“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno)
“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno)
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)
“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno
“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)
“……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno)
“Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali “. (Pidato HUT Proklamasi, 1949 Soekarno)
“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.” (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)
“Firman Tuhan inilah gitaku, Firman Tuhan inilah harus menjadi Gitamu : “Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim”. ” Tuhan tidak merobah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merobah nasibnya” (Pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno)
“Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)
“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)
“Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, “Kadyo siniram wayu sewindu lawase” (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno)
“Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno)

KATA-KATA BIJAK PARA TOKOH-TOKOH DUNIA

1“Tidak ada jalan keluar yang dipakai untuk menghindarkan diri dari sesuatu, kecuali berfikir”

“Thomas Alva Edison”

2“Satu-satunya yang saya perlukan ialah waktu. Alangkahkah hebatnya jika saya dapat membeli waktu-waktu yang terbluang”

“Michael Faraday”

3“Yang menentukan masa depan adalah pilihan anda, bukan kesempatan”

”Jean Nidetek”

4”Jika segala sesuatu hilang, masih ada masa depan”

”Bavee”

5”Hadapilah masa depan yang suram tanpa rasa takut, tetapi dengan hati jantan”

”Longfellow”

6”Persiapan terakhir untuk masa depan adalah tugas terakhir dilakukan dengan sebaik-baiknya”

”Macdonald”

7”Ketololan merupakan musuh besar dan penghalang bagi pertumbuhan ide baru”

”Percy Brigdman”

8”Masa muda adalah masa keemasan, betapa dosa untuk menyalahgunakan masa muda itu”

”Geoge Bernard Shaw”

9”Masa muda hanya sekali, karena itu pergunakanlah sebaik-baiknya”

”Emerson”

10”Orang-orang yang sukses cermat dalam bekerja, orang-orang yang gagal ceroboh”

”Winners work smartly hard, losers blindy hard”

11“Kemuliaan itu seperti lingkaran di dalam air, yang tidak pernah berhenti membesarkan diri, sampai bentangannya yang luas memencarkannya menjadi tiada”

“William Shakespeare”

12“Kita tidak dilahirkan untuk menuntut, tetapi untuk memerintah”

”William Shekespeare”

13”Mayoritas tidak pernah dapat menggantikan sang manusia seperti halnya seratus orang bodoh tidak membuat satu orang bijak, suatu putusan heroik tidak mungkin datang dari seratus orang pengecut”

”Aldof Hitler”

14”Kenalilah diri anda sendiri maka anda akan memenangkan semua pertempuran”

”Lao-Tzu”

15”Kita semua mengenal kebenaran, bukan melulu bedasarkan alasan tetapi juga dengan hati”

”Blaise Pascal”

16”Berikan saya tempat untuk berdiri, dan saya akan mengangkat bumi”

”Archimedes”

17”Berbagai hal dapat datang kepada orang yang menunggu. Tetapi berbagai hal akan meninggalkan orang yang terburu-buru”

”Abraham Lincoln”

18”Sesuatu yang terbaik di masa depan hanya muncul sekali dalam satu hari”

”Abraham Lincoln”

19”Kebenaran biasanya merupakan pertahan terbaik melawan fitnah”

”Abraham Lincoln”

20”Janganlah pernah berunding karena ketakutan, tetapi jangan takut untuk berunding”

”Jhon F. Kennedy”

21”Jangan takut dengan kebesaran. Sebagian orang terlahir untuk besar, sebagian mencapai kebesaran, dan sebagian mendapat kepercayaan untuk kebesaran”

”NN”

22”Para prajurit yang berjaya, menang dulu baru pergi berperang. Sementara para prajurit pencundang, pergi berperang dulu baru berusaha untuk menang”

”Sun Tzu”

23”Aku melakukan usaha yang belum pernah mempunyai contoh sebelumnya, dan aku tidak akan mempunyai penirunya. Aku mengusulkan untuk menunjuk kepada sesama ku seorang manusia sebagaimana alam membuatnya, dan orang ini pastilah diri ku sendiri”

”Jean Jacques Rosseau”

24”Kalau saya periksa diri dan metode berfikir saya, sampai pada kesimpulan bahwa karunia daya khayal lebih berarti dari pada bakat saya untuk menyerap pengetahuan”

”Albert Einstein”

25”Manusia itu mencuri karena tidak tahu kalau mencuri itu salah”

”Socrates”

26”Manusia tahu atau sadar ketika mereka mencuri bahwa mencuri itu salah”

”Aristoteles”

27”Kalau manusia mau berupaya keras penuh semangat untuk mencari kebenaran, maka dia akan mendapat nilai tidak terhingga”

”Albert Einstein”

28”Orang yang berkata hal itu tidak dapat di kerjakan tidak sepatutnya mengganggu orang yang sedang mengerjakannya”

”Peribahasa China”

29”Saya sudah tidak mau lagi bersikap kaku. Yang saya inginkan hanyalah benar”

”Stephen Hawking”

30”Saya tahu bahwa kebanyakan orang, termasuk mereka yang mudah menghadapi masalah-masalah paling rumit pun, jarang bisa menerima kebenaran yang paling sederhana dan paling jelas pun..”

”Leo Tolstoy”

31”Satu perbuatan lebih baik dari pada tidak sama sekali”

”Ery Leonardo”

32”Kemajuan tidak diciptakan oleh keahlian, tetapi oleh kemauan”

”NN”

33”Selalu ada jalan terbaik dalam melakukan segala sesuatu”

”Ralph Woldo Emerson”

34”Prestasi adalah apa yang mampu anda lakukan. Motivasi menentukan apa yang anda lakukan. Sikap menentukan seberapa baik anda melakukannya”

”Lois Holtz”

35”Komitmen adalah nama lain kesuksesan”

”NN”

36”Seseorang yang berhasil adalah orang yang dapat meletakkan sebuah dasar yang kuat dengan batu bata yang orang lain lemparkan kepadanya”

”David Bronthly”

37”Tidak ada yang dapat menghentikan seseorang yang mengejar tujuannya dengan sikap yang benar”

”NN”

38”Kebesaran yang sejati tercapai karena menjadi besar dalam hal-hal kecil”

”Charles Simsons”

39” Kealahan terbesar yang dapat dibuat oleh seseorang dalam kehidupan adalah menjadi terus-menerus takut akan membuat kesalahan”

”Elbert Hubbard”

40”Seseorang yang optimis melihat kesempatan dalam malapetaka. Seseorang yang pesimis melihat suatu malapetaka dalam setiap kesempatan”

”Herbert V. Prochnow”

41”Semua yang dilakukan seseorang harus terjadi secara wajar, bertindaklah wajar. Berbuatlah kebaikan demi kepentingan umum, jangan hanya untuk kepentingan sendiri karena gejala alam sekalipun tidak akan berlangsung kekal, lebih-lebih pekerjaan manusia”

”Lao Zi”

42”Kesalahan terbesar yang dapat dibuat oleh seseorang adalah tidak melakukan apa-apa”

”John Maxwell”

43”Pertempuran hidup tidak selalu menuju pada orang yang lebih kuat atau lebih cepat. Akan tetapi, cepat atau lambat, orang berfikir bahwa ia bisa”

John Maxwell”

44”Suatu sikap mental yang positif berakar dalam kepercayaan diri yang jelas, kalem dan jujur”

”John Maxwell”

45”Tidak ada pemandangan yang lebih menyedihkan dari pada seorang muda yang pesimistis”

”Mark Twain”

46”Anda dapat memperoleh sesuatu yang anda inginkan dalam hidup jika anda cukup menolong orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan”

”Zig Ziglar”

47”Sembilan puluh sembilan persen kegagalan berasal dari orang yang mempunyai kebiasaan membuat alasan”

”George Washington Carrer”

48”Bila menghadapi kesulitan selesaikanlah ketika masih bisa diatasi. Bila menghadapi hal yang kelihatannya mudah, jangan meremehkannya, tetapi lakukanlah tugas itu dengan sepenuh hati untuk menghindarkan resiko kegagalan”

”Lao Zi”

49”Tidak semua hal yang penting dapat dihitung dan tidak semua hal yang dapat dihitung penting”

”Albert Einstein”

50”Kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan adalah kepastiaan bahwa anda dicintai seperti apa adanya, atau lebih tepatnya dicintai walaupun anda seperti diri anda adanya”

”Victor Hugo”

51”Saat salah satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain terbuka. Hanya sering kali kita terpaku begitu lama pada pintu yang tertutup sehingga tak melihat yang telah terbuka untuk kita”

”Helen Keller”

52”Jika kita memulainya dengan kepastian, kita akan berakhir dalam keraguan, tetapi jika kita memulainya dengan keraguan dan bersabar mengahadapinya, kita akan berakhir dalam kepastian”

”Francis Bacon”

53”Jangan melihat masa lampau dengan penyesalan, jangan pula lihat masa depanmu dengan ketakutan, tetapi lihatlah sekitarmu dengan penuh kesadaran”

”James Thurber”

54”Orang menjadi begitu luar biasa ketika mereka berpikir bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. saat mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka memiliki rahasia kesuksesan yang pertama”

”Norman Vincent Peale”

55”Kebahagiaan anda tumbuh berkembang manakala anda membantu orang lain. Namun, bilamana anda tidak mencoba membantu sesama, kebahagiaan akan layu dan mengering. Kebahagiaan bagaikan sebuah tanaman, harus di sirami setiap hari dengan sikap dan tindakan memberi”

”J. Donald Walters”

56”Sedikit sekali orang kaya yang memilki hartanya sendiri. Hartalah yang memilki mereka”

”Robert G.Ingersoll”

57”Hidup adalah sebuah tantangan, maka hadapilah. Hidup adalah sebuah lagu, maka nyanyikanlah. Hidup adalah sebuah mimpi, maka sadarilah. Hidup adalha sebuah permainan, maka mainkanlah. Hidup adalah cinta, maka nikmatilah”

”Bhagawan Sri Sthya Sai Baba”

58”Orang bahagia bukanlah orang pada lingkungan tertentu, melainkan pada sikap-sikap tertentu”

”Hugh Downs”

59”Jangan takut mengambil satu langkah besar bila memang diperlukan. Anda takan bisa meloncati sebuah jurang dengan lompatan kecil”

”David Liyod George”

60”Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan”

”General Colin Powell”

61”Kita menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang kita rasa mampu untuk kita kerjakan. Orang lain menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang teelah kita lakukan”

”Henry Wadsworth Longfellow”

62”Pengalaman bukan apa yang terjadi pada anda, melainkan apa yang anda lakukan atas apa yang terjadi pada anda”

”Aldous Huxley”

62”Sukses sering kali datang pada mereka yang berani bertindak, dan jarang menghampiri penakut yang tidak berani megambil konsekuensi”

”Jawaharlal Nehru”

63”Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan”

”Confusius”

64”Setiap pria dan wanita yang sukses adalah pemimpi-pemimpi besar. Mereka berimajinasi tentang masa depan mereka, berbuat sebaik mungkin dalam setiap hal, dan bekerja setiap hari menuju visi jauh kedepan yang menjadi tujuan mereka”

”Brian Tracy”

65”Kita tidak tahu bagaimana hari esok, yang bisa kita lakukan ialah berbuat sebaik-baiknya dan berbahagia pada hari ini”

”Samuel Taylor Coleridge”

66”Lakukanlah semua kebaikan yang dapat anda lakukan dengan segala kemampuan anda, dengan semua cara yang anda bisa, di segala tempat, setiap saat, kepada semua orang, selama anda bisa”

”Samuel Wesley”

67”Amatlah sedikit yang diperlukan untuk membuat suatu kehidupan yang membahagiakan, semuanya ada di dalam diri anda sendiri, yaitu di dalam cara anda berpikir dan bersikap”

”Fred Corbett”

68”Kesalahan terbesar yang bisa dibuat oleh manusia di dalam kehidupannya adalah terus menerus mempunyai rasa takut bahwa mereka akan membuat kesalahan”

”Elbert Hubbard”

69”Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh”

”Confusius”

70”Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan, dan saya percaya pada diri saya sendiri”

”Muhammad Ali”

71”Banyak orang dalam hidup ini dikarenakanorang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah”

Thomas Alva Edison”

72”Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, selama ia menjadi lebih bijaksana daripada sebelumnya”

”Alexander Pope”

73”Kita berdoa kalau kesusahan dan membuthkan sesuatu, mestinya kita berdoa dalam kegembiraan besar dan rezeki yang melimpah”

”Kahli Gibran”

74”Bagian terbaik dari hidup seseorang adalah perbuatan-perbuatan baiknya dan kasihnya yang tidak diketahui orang lain”

”William Wordsworth”

75”Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan an dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”

”Abu Bakar Sibli”

76”Apabila kamu tidak dapat memberikan kebaikan kepada orang lain dengan kekayaanmu, berilah mereka dengan kebaikan dengan wajahmu yang berseri-seri, disertai akhlak baik”

”Nabi Muhammad SAW”

77”Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis, dan pada kematiaanmu semua orang menangis sedih dan hanya kamu sendiri yang tersenyum””

”Mahatma Gandhi”

78”Keramahtamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi meciptakan kasih”

”Lao Tse”

79”Kaca, porselen dan nama baik, adalah sesuatu yang gampang sekali peah, dan tak akan dapat direkatkan kembali tanpa meninggalkan bekas yang tampak”

”Benjamin Franklin”

80”Kita melihat kebahagiaan itu seperti pelangi, tidak pernah berada diatas kepala kita sendiri, tetapi selalu berada diatas kepala orang lain”

”Thomas Hardy”

81”Bersikaplah kuku seperti batu karang yang tidak putus-putusnya dipukul ombak. Ia tidak tetap saja berdiri kukuh, bahkan ia menentramkan amarah ombak dan gelombang itu”

”Marcus Aurelius”

82”Karena manusia cinta akan dirinya, tersembunyilah baginya aib dirinya, tidak kelihatan olehnya walaupun nyata. Kecil dipandangnya walaupun bagaimana besarnya”

”Jalinus At Thabib”

83”Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilanglah kesangsian, Tetapi jika orang mulai berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan”

”Sir Francis Bacon”

84”Perbuatan-perbuatan salah adalah biasa bagi manusia, tetapi pernuatan pura-pura itulahsebenarnya yang menimbulkan pemusuhan dan pengkhianatan”

”Johan Wolfgang Goethe”

85”Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali tampak mustahil, kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik”

”Evelyn Underhill”

86”Musauh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia hanyalah keyakinan yang teguh”

”Andrew Jackson”

87”Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita selalu menyesali apa yang belum kita capai”

”Schopenhauer”

88”Oramg yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak”

”Aldus Huxley”

89”Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Merka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi”

”Ernest Newman”

90”Belajarlah darikesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri”

”Martin Vanbee”

91”Dalam masalah hati nurani, pikiran pertamalah yang terbaik. Dalam masalah kebijaksanaan, pemikiran terakhirlah yang paling baik”

”Robert Hall”

92”Cara untuk menjadi di depan adalah memulai sekarang jika memulai sekarang, tahun depan anda akan tahu banyak hal yang sekarang tidak diketahui, dan anda tak akan mengetahui masa depan jika anda menunggu-nunggu”

”William Feather”

93”Pahlawan bukanlah orang yang berani menetakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan ialah orang yang sanggup menguasai diri dikala ia marah”

”Nabi Muhammad SAW”

94”Ancaman nyata sebenarnya bukan pada saat komputer dapat mulai berpikir seperti manusia, tetapi ketika manusia mulai berpikir seperti komputer”

”Sydney Harris”

95”Orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan-kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencoba kembali untuk melakukan dalam suatu cara yang berbeda”

”Dale Carniege”

96”Hati yang penuh syukur, bukan saja kebajikan yang terbesar, melainkan pula iniduk segala kebajikan yang lain”

”Cicero”

97”Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu”

”Benjamin Franklin”

98”Apa yang tampak sebagai suatu kemurahan hati, sering sebenarnya tiada lain dari pada ambisi yang terselubung, yang mengabaikan kepentingan-kepentingan kecil untuk mengejar kepentingan-kepentingan yang lebih besar”

”La Roucefoucauld”

99”Tiga sifat manusia yang merusak adalahkikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat yang mengagumi diri sendiri yang berlebihan”

”Nabi Muhammad SAW”

100”Kita semua hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, serta dari hari ke hari, dengan kata lain kita adalah pahlawan dari cerita kita sendiri”

Syirik Matrelinial dan Syirik Harta


Dulunya saya menggunakan istilah ini untuk men-terminologi-kan keadaan terburuk dari orang (mukmin) yang menderita penyakit alwahn (cinta dunia dan takut mati). Belakangan saya mulai mendengar ada Surya Pratomo, seorang redaktur senior Media Group, menggunakan istilah syirik harta. Dulunya saya juga pernah melihat istilah syirik harta atau matrelinial ini kalo nggak salah juga pernah digunakan dalam sebuah tulisan. Tapi tema seperti ini memang nggak laku dan jarang dibahas.

Siapa yang tak senang harta; termasuk yang kelihatan tampilan luar soleh atau komunitas soleh. Bahkan mulai ada pula pemikiran-pemikiran seperti Islam harus kaya atau zuhud itu setelah kaya dulu. Tidak cinta harta dibatasi pada kaya dulu lalu sedekah kelihatan yang sebanyak-banyaknya diperlihatkan. Jadi alih-alih isu sensitif alwahn ini dihubungkan dengan dosa yang tak bisa diampuni dalam Islam, yakni syirik; menyekutukan Allah SWT dengan hal-hal lainnya. Pertanyaannya, sejauh mana kecintaan seorang muslim taat yang diperlihatkan rajin bersedekah (sekalian berpolitik) ini kepada harta tidak bersinggungan atau menyingkirkan keikhlasannya mencintai Allah SWT 100%?

Saya juga seneng harta, itu normal sebagai manusia. Namun perspektif dan intensitasnya berbeda dengan penderita alwahn akut. Syirik harta atau matrelinial menurut saya terjadi ketika kita mulai menjadikan kecintaan pada harta itu sebagai struktur penilaian. Contoh paling parahnya ketika kita menilai seseorang itu taqwa karena dia kaya atau dia taqwa sehingga kaya atau taqwa supaya kaya. Ketika soal kaya miskin mulai kita jadikan ukuran untuk menentukan tingkat keimanan, maka saat itulah menurut hemat saya telah terjadi kecintaan pada harta yang sangat akut sehingga mulai menuhankannya dan menciptakan syirik; sebuah dosa yang tak akan diampuni.

Padahal kemudian jelas salah satu rukun keimanan kepada Allah SWT adalah percaya pada ketentuan dan ketetapan, termasuk soal kaya miskin. Muslim penderita alwahn mulai terkontaminasi perpekstif kafir atau atheis yang menilai kaya miskin itu soal kemampuan merubah nasib. Lalu ini dibenturkan dengan kepasrahan pada nasib dalam pengertian pemalas dan tidak bekerja keras. Padahal jelas-jelas Islam itu adalah penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT dan percaya kepada takdir bukan pula berarti tidak melakukan apa-apa.

Bagi orang yang beriman dan bebas dari syirik matrelinial atau harta selayaknya percaya bahwa hanyalah proses yang menjadi bagian manusia sedangkan hasilnya sudah merupakan ketetapan Sang Pencipta yang menguji makhluk manusia ke dalam keadaan yang berbeda. Bagi Allah SWT yang akan menjadi penilaian nantinya adalah isi hati yang berserah kepada-Nya, bukan instrumen-instrumen penuh topeng yang selama ini dijadikan struktur ukur dan tata nilai rekayasa oleh pemufakatan busuk kebanyakan manusia dengan Iblis dan Dajjal yang di belakang memegang tongkat komando networking kesesatannya. Kebanyakan yang jahil dan bodoh, kecuali yang ikhlas dan tidak culas.

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN  GOLONGAN­GOLONGAN DALAM ISLAM

Secara  umum yang  bisa menyebabkan perbedaan pendapat  di kalangan ulama 
adalah antara lain: 
1. Perbedaan di dalam memahami ayat­ayat al­Qur’an 
2. Perbedaan di dalam memahami as­Sunnah termasuk  perbedaan dalam
menentukan statusnya 
3. Perbedaan di dalam penggunaan ar­ra’yu (penalaran) yang  akan mempengaruhi 
metodologi yang digunakan 
4. Karena pengaruh lingkungan.

Dalam skup  organisasi Muhammadiyah dan NU  sepanjang  pengasuh  rubrik 
Fatwa Agama  diketahui bahwa  sumber­sumber  hukum utama  menurut kedua
organisasi  ini pada dasarnya  tidak  ada perbedaan, yaitu  al­Qur’an dan al­Hadis.
Namun dalam  aplikasi serta  hirarkhi berikutnya  terdapat perbedaan. Hal  ini tidak 
lepas dari paham  keagamaan pada kedua onganisasi  ini yang  lahir serta  terbentuk 
melalui visi dan orientasi yang  berbeda. Di samping  itu  perbedaan pemahaman 
terhadap  sumber­sumber  hukum juga  tidak  lepas dari adanya perbedaan di kalangan 
imam mazhab karena  merupakan mata  rantai sejarah perkembangan hukum Islam 
yang  tidak  dapat dipisahkan. Hal  ini tidak  bisa  dipungkiri  bahwa dalam berijtihad 
Muhammadiyah menggunakan manhaj sebagaimana  dilakukan oleh para  mujtahid 
serta  imam­imam mazhab. Namun Muhammadiyah tidak mengikatkan diri pada satu 
mazhab, pendapat imam mazhab menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan 
hukum, sepanjang  pendapat tersebut sesuai dengan jiwa  al­Qur’an dan al­Hadis.
Sedangkan NU  dalam mengamalkan ajaran  Islam menggunakan pola  bermazhab,
yaitu  dengan mengikatkan diri pada suatu  pendapat atau mazhab  tententu. Misalnya 
dalam membahas masalah­masalah agama  banyak  merujuk  kepada  kitab­kitab dari 
kalangan mazhab empat, khususnya kitab ulama Syafi’iyyah.

Contoh masalah yang berbeda antara Muhammadiyah dan NU, antara lain: 
a.  Menyentuh wanita  yang  bukan mahram  sesudah berwudu. Menurut 
Muhammadiyah tidak  membatalkan wudu  karena  Muhammadiyah menafsirkan 
ayat 43  surah an­Nisa  “au  lamastumun­nisa” dengan bersetubuh. Sedangkan 
menurut NU membatalkan wudu, karena kata “lamastum” diartikan menyentuh.
b. Menghadiahkan pahala  kepada  onang  yang  telah meninggal. Menurut 
Muhammadiyah tidak  ada dasar  ajaran yang  mengacu  ke  arah itu, sedangkan 
menurut NU,  boleh menghadiahkan pahala  kepada  orang  yang  telah meninggal 
dan pahalanya sampai, dasarnya adalah kitab Tuhfah al­Muhtaj.
c.  Dan lain­lain yang  secara  ringkas dapat disebutkan hal­hal yang  tidak  dikenal di 
dalam Muhannmadiyah tetapi lazim di kalangan NU,  seperti talqin bagi orang 
yang  sudah meninggal, haul (upacara  peringatan ulang  tahun kematian 
seseorang), membayar  fidyah bagi seorang  yang  mati  dan masih berhutang 
shalat, dan lain­lain.
d. Contoh masalah yang  sama antara Muhammadiyah dan NU antara  lain mengenai 
masalah­masalah baru  yang  belum dibahas oleh imam­imam mazhab, seperti 
masalah bayi tabung, transplantasi organ tubuh, KB dan lain­lain.

Minggu, 30 Januari 2011

Pangeran Charles: Prinsip Spiritual Islam Selamatkan Dunia


undefined Pangeran Charles: Prinsip Spiritual Islam Selamatkan Dunia

London (ANTARA) - Putera Mahkota Kerajaan Inggris Pangeran Charles mengakui, mengikuti prinsip-prinsip spiritual Islam akan dapat menyelamatkan dunia.

Hal itu disampaikan Pangeran Charles dalam pidatonya yang bertema "Islam and the Environment" di gedung Sheldonian Teater, Universitas Oxford, Oxford, Inggris, demikian dilaporkan harian terkemuka Inggris Daily Mail, Kamis.

Dalam ceramahnya selama satu jam di hadapan para sarjana studi Islam di Oxford, Pangeran Charles berargumen bahwa kehancuran manusia dunia terutama bertentangan dengan Islam.

Untuk itu ia mendesak dunia untuk mengikuti prinsip-prinsip spiritual Islam untuk melindungi lingkungan.

Menurut ayah Pangeran William dan Harry, arus `pembagian` antara manusia dan alam ini disebabkan bukan hanya oleh industrialisasi tetapi juga oleh sikap kita terhadap lingkungan - yang bertentangan dengan butir-butir "tradisi suci".

Pangeran itu yang menganut agama Kristen yang akan menjadi kepala Gereja Inggris bila naik tahta menjadi Raja Inggris berbicara secara mendalam mengenai Alquran yang dipelajarinya sendiri.

Charles mengatakan bahwa "tidak ada pemisahan antara manusia dan alam" dan mengatakan "kita harus selalu hidup dalam lingkungan yang terbatas."

Ia berbicara kepada para sarjana di Pusat Studi Islam Oxford dalam rangka dan mencoba untuk mendorong pemahaman yang lebih baik dari budaya dan peradaban agama.

Dalam pidato menandai ulang tahun ke-25 Pusat Studi Islam Oxford, tempat ia menjadi pelindungnya, Charles mengajak untuk memahami agama dengan mata pelajaran favorit lain seperti lingkungan.

"Islam selalu mengajarkan keseimbangan dan bila kita mengabaikannya sangat bertentangan dengan penciptaan," demikian Pangeran Charles.

http _www.antara.co

Rahasia Bagaimana Bangunan Megah Kuno Piramida dan Candi Borobudur dibangun

"Saya telah menemukan rahasia-rahasia piramida dan bagaimana cara orang Mesir purba, Peru, Yucatan dan Asia mengangkat batu yang beratnya berton-ton hanya dengan peralatan yang primitif."

Kalimat terkenal di atas diucapkan oleh Edward Leedskalnin, seorang misterius yang membangun monumen yang juga sama misteriusnya, Coral Castle.

Ia lahir di Latvia, sebuah negara kecil di Eropa. Suatu hari ketika usianya 25 tahun, ia dikejutkan oleh keputusan tunangannya, Agnes, yang berusia 16 tahun yang memutuskan untuk membatalkan pernikahan mereka hanya satu hari menjelang hari pernikahan akan dilangsungkan.

Edward yang patah hati lalu meninggalkan Latvia dan menetap di Amerika. Setelah itu, ia menghabiskan sekitar 30 tahun berikutnya untuk membangun Coral Castle yang termashyur.

Coral Castle sendiri adalah sebuah struktur bebatuan yang terletak di Homestead, Florida. Struktur ini terdiri dari batu-batu megalitik yang masing-masing memiliki berat beberapa ton. Kebanyakan batu yang digunakan adalah jenis batu oolite yang mengandung fosil cangkang dan coral.

Pada awalnya, Coral castle dibangun di sebuah kota kecil bernama Florida City. Namun pada tahun 1936, lokasi Coral Castle dipindahkan ke Homestead dimana bangunan itu kemudian memperoleh kemashyurannya. Butuh waktu selama tiga tahun untuk memindahkan semua bebatuan yang ada di tempat itu ke rumah barunya.

Di Homestead, Edward melanjutkan pekerjaannya membangun Coral Castle hingga kematiannya di tahun 1951.

Coral Castle yang dibangun oleh Edward sejak lama dianggap sebagai salah satu struktur bebatuan paling menakjubkan yang pernah dibangun pada abad ke-20. Bahkan sebagian orang menyamakannya dengan Stonehenge. Apa yang membuat orang takjub adalah kenyataan bahwa Edward membangunnya sendirian.


Coral Castle memiliki luas sekitar 4 hektar dan terdiri dari 1.000 ton bebatuan yang bersama-sama membentuk dinding, ukiran, perabot dan menara kastil. Hebatnya, batu-batu besar ini disatukan tidak dengan menggunakan sarana perekat apapun. Mereka hanya ditumpuk dengan memanfaatkan beratnya untuk menjaganya tetap menyatu. Dan sama seperti piramida, tumpukan bebatuan ini begitu rapat dan sempurna sehingga celah antara dua batu tidak dapat ditembus oleh cahaya.

Kehebatan yang lain dari pekerjaan tangan Edward adalah sejumlah batu-batu vertikal yang masing-masing memiliki tinggi 2,4 meter dan membentuk perimeter di dalam kompleks Coral Castle. Masing-masing batu vertikal ini dipotong dengan presisi yang luar biasa sehingga masing-masing batu memiliki tinggi yang sama persis. Bukan itu saja, ketika badai Andrew berkategori 5 (paling mematikan) menyerang dan memporakporandakan Florida, tidak ada satupun batu itu yang bergeser dari posisinya.

Di dalam area Coral castle juga ada menara dua lantai yang masing-masing terdiri dari batu-batu setinggi 2,4 meter yang disusun menjadi menjadi tempat tinggal Edward. Total berat menara ini adalah 243 ton.

Menara ini dihiasi dengan teleskop buatan, obelisk, air mancur, kolam, perabot dan patung-patung objek-objek astronomi. Perabot yang ada di dalamnya termasuk meja berbentuk hati, 25 kursi goyang, kursi yang berbentuk bulan sabit, bathtube, tempat tidur dan sebuah singgasana kerajaan.

Selain menara tersebut, ada satu karya yang menunjukkan kehebatan Edward, yaitu sebuah pintu gerbang batu seberat 8,2 ton. Gerbang itu dibuat dengan keseimbangan yang sedemikian sempurnanya sehingga seorang anak kecil bisa membuka gerbang itu hanya dengan mendorongnya dengan ujung jari. Misteri gerbang ini telah membingungkan banyak orang hingga suatu hari gerbang itu tiba-tiba berhenti bekerja pada tahun 1986.

Sekelompok insinyur lalu dipanggil untuk memperbaikinya. Dibutuhkan 6 pria dan derek seberat 50 ton untuk memindahkan dan memperbaikinya. Yang mereka temukan mengenai gerbang ini sungguh menakjubkan. Mereka menemukan batu gerbang tersebut memiliki lubang yang sempurna dan Edward ternyata telah menyeimbangkannya hanya dengan menggunakan batang besi dan bearing truk.

Dari sini diketahui bahwa Edward membuat lubang berdiameter 8 kaki di sisi batu bagian atas menembus sisi bawah batu. Lalu ia memasukkan batangan besi ke dalam lubang itu dan menyangga bagian bawah gerbang dengan bearing truk. Yang luar biasa adalah, ia membuat lubang tersebut hanya dengan menggunakan peralatan tangan. Menurut para ahli, pada masa ini, untuk membuat lubang dengan kesempurnaan seperti itu, dibutuhkan peralatan dengan teknologi laser.

Pada tahun 2005, gerbang itu kembali mengalami kerusakan dan diperbaiki. Namun perbaikan yang dilakukan tidak bisa membuat gerbang itu berotasi sebaik dan selancar awalnya.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, apa yang paling menakjubkan dari Coral castle adalah kenyataan bahwa semua struktur di tempat itu dibangun oleh satu orang hanya dengan menggunakan teknologi dan peralatan seadanya.

Bayangkan, masing-masing batu di dalam Coral Castle memiliki berat rata-rata 14 ton. Batu terbesar memiliki berat 27 ton dan batu tertinggi adalah dua monolitik yang memiliki tinggi 7,6 meter masing-masingnya.

Bagaimana caranya Edward membuat dan mengangkat bebatuan berat itu sendirian ?

Ada yang mengatakan bahwa ia mungkin telah berhasil menemukan rahasia para arsitek masa purba yang membangun monumen seperti piramida dan Stonehenge. Yang lain mengatakan mungkin Edward menggunakan semacam peralatan anti gravitasi untuk membangun Coral Castle.

Pernyataan Edward yang mengatakan bahwa ia telah menemukan rahasia piramida telah membuat rahasia Coral Castle menjadi semakin misterius. Karena Edward sendiri adalah seorang yang misterius, banyak yang menafsirkan pernyataan ini dalam kerangka esoterik atau mistik.

David Hatcher Childress, penulis buku Anty Gravity and The World Grid, memiliki teori yang menarik. Menurutnya wilayah Florida Selatan yang menjadi lokasi Coral Castle memiliki diamagnetik kuat yang bisa membuat sebuah objek melayang. Apalagi wilayah Florida selatan masih dianggap sebagai bagian dari segitiga bermuda. David percaya bahwa Edward Leedskalnin menggunakan prinsip diamagnetik jaring bumi yang memampukannya mengangkat batu besar dengan menggunakan pusat massa. David juga merujuk pada buku catatan Edward yang ditemukan yang memang menunjukkan adanya skema-skema magnetik dan eksperimen listrik di dalamnya. Walaupun pernyataan David berbau sains, namun prinsip-prinsip esoterik masih terlihat jelas di dalamnya.

Penulis lain bernama Ray Stoner juga mendukung teori ini. Ia bahkan percaya kalau Edward memindahkan Coral Castle ke Homestead karena ia menyadari adanya kesalahan perhitungan matematika dalam penentuan lokasi Coral Castle. Jadi ia memindahkannya ke wilayah yang memiliki keuntungan dalam segi kekuatan magnetik.

Hingga kematiannya, Edward tidak pernah menceritakan rahasianya kepada orang lain. Jika ditanya, ia hanya menjawab,"Sebenarnya tidaklah sulit jika kamu tahu caranya." Sepertinya ia memang sangat menjaga kerahasiaan pekerjaannya. Ia kebanyakan bekerja pada malam hari dimana tidak ada satu orang pun yang bisa melihatnya. Seringkali, walaupun tidak selalu, ketika ia merasa ada yang mengamatinya bekerja, ia akan segera menghentikan pekerjaannya.

Apakah Edward Leedskalnin memang telah menemukan rahasia masa purba ? Apakah ia menemukan kunci menaklukkan gravitasi ? Jawabannya, mungkin tidak.

Karena foto yang berhasil diambil pada waktu Edward mengerjakan Coral Castle menunjukkan bahwa ia menggunakan cara yang sama yang digunakan oleh para pekerja modern, yaitu menggunakan prinsip yang disebut block and tackle. Jika kalian melihat foto di bawah ini, kalian mungkin akan mengerti maksud Block and Tackle.

Memang, walaupun ia menggunakan metode yang umum, tidak dapat dipungkiri bahwa Edward memiliki kelebihan dibanding pekerja biasa. Ia memiliki pengetahuan mengenai keseimbangan dan gravitasi dengan baik.

Website resmi Coral Castle menulis "Jika ada yang bertanya kepada Ed bagaimana caranya ia memindahkan batu-batu Coral itu, maka Ed akan menjawab bahwa ia mengerti hukum berat dan daya ungkit (leverage)."

Pada Desember 1951, Edward yang saat itu sudah berusia 64 tahun menaruh sebuah papan bertuliskan "Pergi ke rumah sakit" di gerbang Coral Castle. Setelah itu ia naik bus sendirian ke rumah sakit Jackson Memorial di Miami. Tiga hari kemudian, Edward meninggal karena penyakit kanker perut.

Ya, Edward Leedskalnin memang misterius.

Seringkali orang-orang menanyakan alasan mengapa ia mau menghabiskan hidupnya hanya untuk membangun monumen ini. Biasanya Ed hanya tersenyum dan menjawab "Sweet Sixteen", merujuk ke Agnes, tunangannya yang telah menghancurkan hatinya.

Jika kita melihat kepada Coral Castle, mungkin kita melihat kesempurnaan sebuah karya arsitektur atau mungkin kita hanya melihat kehebatan pekerjaan tangan seorang seniman. Tapi, jika saya melihat Coral Castle, saya melihat manifestasi dari kekuatan cinta, kekuatan yang sama yang telah menciptakan Taj Mahal dan enam ribu anak tangga di sebuah gunung di Cina. Dan kekuatan cinta yang dimiliki oleh Ed, tidak seperti yang kita kenal. Karena ketika kita memberi dan menerima, Ed hanya memberi dan memberi. Itulah yang membuatnya menjadi manusia yang luar biasa..

Beberapa orang Indonesia yang super

Apakah betul manusia Indonesia sebenarnya lebih unggul dibanding bangsa-bangsa lainnya di dunia?

Saat ini banyak anak-anak Indonesia yang memenangi berbagai lomba Olimpiade Sains di dunia. Menang, berarti mereka tidak sejajar dengan anak-anak dari bangsa lain, melainkan lebih unggul, paling unggul. Keunggulan manusia Indonesia sebenarnya telah terbukti sepanjang sejarah.

Sukarno disebut Presiden Amerika John F. Kennedy sebagai 'Washington' dan 'Jeffersonnya' Indonesia. Washington adalah Bapak Bangsa Amerika, yang membawa kemerdekaan bagi bangsa Amerika. Thomas Jefferson, dianggap sebagai presiden paling jenius dalam sejarah Amerika. Selain presiden dia juga dikenal sebagai arsitek, ahli arkeologi, penemu, pendiri Universitas Virginia, penulis buku dan masih banyak peran lagi. Dan Sukarno, disamakan dengan Washington dan Jefferson, tidak hanya 1 Bapak Bangsa Amerika, tapi 2 sekaligus.

Hatta adalah sebuah karakter yang dahsyat. Hatta pernah bersumpah tidak akan kawin sebelum Indonesia merdeka, dan dia benar-benar melakukannya (tidak ada bapak bangsa lain yang melakukan ini, termasuk Washington, Sukarno, atau Gandhi). Keteguhannya benar-benar ekstrim. Berkali-kali dipenjara, dibuang sampai ke Digul, Irian, tapi kegigihannya untuk memperjuangkan Indonesia malah bertambah besar.

Gubernur Jenderal Belanda, De Jonge, menganggap Hatta bahkan lebih berbahaya dari Sukarno. Hatta dalam kunjungannya ke Jepang dipanggil dengan sebutan "Gandhi of Java" (Maret 1933). Hatta, seperti Gandhi, memang melambangkan sebuah karakter yang unggul, kuat, cerdas, memiliki keteguhan moral yang tinggi, kemanusiaan, dan kemampuan. Kemampuan untuk membangkitkan sebuah bangsa, bangsa yang besar.

Seberapa hebat mereka dibanding para Bapak Bangsa yang lain? 4 negara terbesar di dunia: China, India, Amerika, dan Indonesia. 3 bangsa yang pertama umumnya hanya mempunyai 1 mayoritas. Di Amerika, mayoritasnya adalah orang kulit putih Anglo-Saxon, berbahasa Inggris. Begitu juga di China dan India. Menyatukannya relatif lebih mudah. Sedangkan Indonesia, sangat kompleks. Sukunya berbeda-beda, jumlahnya sangat banyak, budayanya berbeda, karakternya berbeda, dan bahasanya juga tentu berbeda-beda. Tapi Sukarno-Hatta, mereka mampu menyatukan semuanya.

Kartini, adalah satu lagi lambang keunggulan manusia Indonesia. Dia pernah secara khusus dimintai pendapat oleh penasehat ahli menteri Belanda, Mr Slingenberg, sebelum Belanda melaksanakan Politik Etis. Umurnya waktu itu? 20 tahun.

Kartini, bukan orang biasa. Dia sudah sangat dikenal di kalangan intelektual Belanda sejak usia belasan tahun karena pemikiran-pemikirannya yang sangat tajam tentang pendidikan dan pembangunan manusia secara umum. Dia telah berhasil menemukan "rahasia" kemajuan peradaban dengan secara sangat intens belajar dari kemajuan bangsa-bangsa Eropa (Lihat visi besar Kartini dari buku "Kartini, Sebuah Biografi" karya Sitisoemandari Soeroto, bukan dari "Habis Gelap Terbitlah terang").

Kartini mempunyai kakak super jenius bernama Kartono (R.M.P Sosrokartono). Dia pernah bekerja di New York sebagai koresponden New York Herald. Tapi itu tidak istimewa. Di Belanda dia dijuluki Talenwonder, manusia ajaib karena menguasai 26 bahasa sekaligus! Dia bahkan juga pernah menjadi penerjemah tunggal di Liga Bangsa-Bangsa! (Kartini Biografi, Mohammad Hatta, Memoir)

Apakah mereka semua itu memang istimewa? Berbeda? "Dari lahirnya sudah seperti itu"? Tidak sama dengan lainnya? Mungkin kalau kita mempelajari proses pembelajaran, proses pembentukan pikiran "istimewa" mereka, kita akan menemukan sesuatu. Mungkin, Kunci menciptakan manusia-manusia Indonesia yang sangat unggul, jutaan manusia Indonesia yang unggul.

Minggu, 09 Januari 2011

Filsafat Ilmu


PEMBAHASAN DAN PENJELASAN

 I.    JENIS DAN PERBEDAAN ILMU ( PENGETAHUAN ) 

NO
SPESIFIKASI PENGETAHUAN
OBJEK
KRITERIA KEBENARAN
SIFAT KEBENARAN
1
Agama
§      Fisik§     Metafisik
§        Wahyu
§      Mutlak
2
Filsafat
§      Fisik§     Metafisik
§          Akal
§      Relatif
3
Ilmu
§      Empiris
§          Akal§         Fakta
§      Relatif
4
Mistik
§     Metafisik 
§         Kepercayaan
§      Relatif






 A. Penjelasan  Tentang Agama, Filsafat , dan Ilmu 
Dalam Tahshîl al-sa’âfidah AI-Fârâbi dengan jelas menyatakan pandangannya tentang sifat agama dan filsafat serta hubungan antara keduanya:Ketika seseorang memperoleh pengetahuan tentang wujud atau memetik pelajaran darinya, jika dia memahami sendiri gagasan-gagasan tentang wujud itu dengan inteleknya, dan pembenarannya atas gagasan tersebut dilakukan dengan bantuan demonstrasi tertentu, maka ilmu yang tersusun dari pengetahuan-pengetahuan ini disebut filsafat .Tetapi jika gagasan-gagasan itu diketahui dengan membayangkannya lewat kemiripan-kemiripan yang merupakan tiruan dari mereka, dan pembenaran terhadap apa yang dibayangkan atas mereka disebabkan oleh metode-metode persuasif, maka orang-orang terdahulu menyebut sesuatu yang membentuk pengetahan-pengetahuan ini agama. Jika pengetahuan-pegetahuan itu sendiri diadopsi, dan metode-metode persuasif digunakan, maka agama yang memuat mereka disebut filsafat populer, yang diterima secara umum, dan bersifat eksternal.Al-Fârâbî menghidupkan kembali klaim kuno yang menyatakan bahwa agama adalah tiruan dari filsafat. Menurutnya, baik agama maupun filsafat berhubungan dengan realitas yang sama. Keduanya terdiri dari subjek-subjek yang serupa dan sama-sama melaporkan prinsip-prinsip tertinggi wujud (yaitu, esensi Prinsip Pertama dan esensi dari prinsip-prinsip kedua nonfisik). Keduanya juga melaporkan tujuan puncak yang diciptakan demi manusia yaitu,kebahagiaan tertinggi dan tujuan puncak dari wujud-wujud lain. Tetapi, dikatakan Al-Fârâbî, filsafat memberikan laporan berdasarkan persepsi intelektual. Sedangkan agama memaparkan laporannya berdasarkan imajinasi. Dalam setiap hal yang didemonstrasikan oleh filsafat, agama memakai metode-metode persuasif untuk menjelaskannya.Tujuan dari ‘tiruan-tiruan’ kebenaran wahyu kenabian dengan citra dan lambang telah dijelaskan sebelumnya. Sifat dari citra dan lambang religius ini membutuhkan pembahasan lebih lanjut. Menurut Al-Fârâbî, agama mengambil tiruan kebenaran transenden dari dunia alami, dunia seni dan pertukangan, atau dari ruang lingkup lembaga sosio-politik. Sebagai contoh, pengetahuan-pengetahuan yang sepenuhnya sempurna, seperti Sebab Pertama, wujud-wujud malakut atau lelangit dilambangkan dengan benda-benda terindra yang utama, sempuma, dan indah dipandang.
Inilah sebabnya mengapa dalam Islam, matahari melambangkan Tuhan, bulan melambangkan nabi, dan bintang melambangkan sahabat nabi.Fungsi dari tugas-tugas politis seperti raja dengan segenap hierarki bawahannya berikut fungsi-fungsi kehormatannya memberikan citra dan lambang bagi pemahaman akan hierarki wujud dan perbuatan-perbuatan ilahi saat menciptakan dan mengurus alam semesta. Karya-karya seni dan pertukangan manusia memperlihatkan, tiruan-tiruan gerakan kekuatan dan prinsip alami yang memungkinkan terwujudnya objek-objek alami. Sebagai contoh, empat sebab Aristotelian yang disebut Al-Fârâbî sebagai empat prinsip wujud, dapat dijelaskan dengan merujuk pada prinsip-prinsip pembuatan objek-objek seni. Secara umum, menurut Al-Fârâbî, agama berusaha membawa tiruan-tiruan kebenaran filosofis sedekat mungkin dengan esensi mereka.Dalam Islam, pandangan mengenai perbedaan antara agama (millah) dan filsafat (falsafah) umumnya diidentifikasi dengan mazhab masysyâ’î ilmuwan filosof di mana Al-Fârâbî termasuk di dalamnya. Rahman telah memperlihatkan bahwa perbedaan ini diikuti rumusan terinci menyangkut filsafat agama Yunani-Romawi dalam perkembangan-perkembangan berikutnya. Namun, gagasan mendasar yang ingin disampaikan melalui perbedaan ini bukan sesuatu yang asing bagi perspektif wahyu Islam. Gagasan yang sama di ungkapkan para Sufi dalam kerangka perbedaan eksoterik-esoterik. Gagasan itu berbunyi demikian: kebenaran atau realitas adalah satu namun pemahamannya oleh pikiran manusia mempunyai derajat kesempurnaan yang bertingkat-tingkat. Meskipun dia juga seorang Sufi, Al-Farabi di sini berbicara sebagai wakil dari tradisi filosofis.Dalam perspektif falâsifah, filsafat dan agama merupakan dua pendekatan mendasar menuju pada kebenaran. Apa yang hendak dibedakan dengan tajam di sini bukan filsafat, yang dipahami sebagai sistem rasional pemahaman (inteleksi) dan wahyu yang dirumuskan secara bebas; dan agama, yang dipahami sebagai tradisi wahyu secara total. Ini sangat jelas tampak dari perkataan dan Al-Fârâbî tentang filsafat dan agama. Istilah yang digunakannya untuk menyatakan perbedaan agama dari filsafat adalah millah; bukan dîn. Ini menunjukkan kehendak Al-Fârâbî membedakan filsafat secara kontras tidak dengan tradisi wahyu dalam totalitasnya, melainkan dengan dimensi eksoterik tradisi wahyu. Karena itu, dia lebih suka menggunakan istilah millah daripada dîn. Millah lebih tepat karena dia mengacu pada komunitas religius di bawah sanksi ilahi dengan seperangkat kepercayaan dan undang-undang atau perintah-perintah hukum moral yang didasarkan pada wahyu. Dimensi ekstemal dari tradisi wahyu harus diidentifikasi dengan kepercayaan-kepercayaan dan praktik-praktik komunitas religius ini.

Filsafat sekurang-kurangnya dapat menyumbangkan empat pelayanan pada agama :
Pertama. Salah satu masalah yang dihadapi oleh setiap agama wahyu adalah masalah interpretasi. Maksudnya, teks wahyu yang merupakan Sabda Allah selalu dan dengan sendirinya terumus dalam bahasa dari dunia. Akan tetapi segenap makna dan arti bahasa manusia tidak pernah seratus persen pasti. Itulah sebabnya kita begitu sering mengalami apa yang disebut salah paham. Hal itu juga berlaku bagi bahasa wahana wahyu. Hampir pada setiap kalimat ada kemungkinan salah tafsir. Oleh karena itu para penganut agama yang sama pun sering masih cukup berbeda dalam pahamnya tentang isi dan arti wahyu. Dengan kata lain, kita tidak pernah seratus persen merasa pasti bahwa pengertian kita tentang maksud Allah yang terungkap dalam teks wahyu memang tepat, memang itulah maksud Allah.Oleh sebab itu, setiap agama wahyu mempunyai cara untuk menangani masalah itu. Agama Islam, misalnya, mengenai ijma’ dan qias. Nah, dalam usaha manusia seperti itu, untuk memahami wahyu Allah secara tepat, untuk mencapai kata sepakat tentang arti salah satu bagian wahyu, filsafat dapat saja membantu. Karena jelas bahwa jawaban atas pertanyaan itu harus diberikan dengan memakai nalar (pertanyaan tentang arti wahyu tidak dapat dipecahkan dengan mencari jawabannya dalam wahyu saja, karena dengan demikian pertanyaan yang sama akan muncul kembali, dan seterusnya). Karena filsafat adalah seni pemakaian nalar secara tepat dan bertanggungjawab, filsafat dapat membantu agama dalam memastikan arti wahyunya.
Kedua,secara spesifik, filsafat selalu dan sudah memberikan pelayanan itu kepada ilmu yang mencoba mensistematisasikan, membetulkan dan memastikan ajaran agama yang berdasarkan wahyu, yaitu ilmu teologi. Maka secara tradisional-dengan sangat tidak disenangi oleh para filosof-filsafat disebut ancilla theologiae (abdi teologi). Teologi dengan sendirinya memerlukan paham-paham dan metode-metode tertentu, dan paham-paham serta metode-metode itu dengan sendirinya diambil dari filsafat. Misalnya, masalah penentuan Allah dan kebebasan manusia (masalah kehendak bebas) hanya dapat dibahas dengan memakai cara berpikir filsafat. Hal yang sama juga berlaku dalam masalah “theodicea”, pertanyaan tentang bagaimana Allah yang sekaligus Mahabaik dan Mahakuasa, dapat membiarkan penderitaan dan dosa berlangsung (padahal ia tentu dapat mencegahnya). Begitu pula Christologi (teologi kristiani tentang Yesus Kristus) mempergunakan paham-paham filsafat Yunani dalam usahanya mempersatukan kepercayaan pada hakekat nahi Yesus Kristus dengan kepercayaan bahwa Allah hanyalah satu.
Ketiga, filsafat dapat membantu agama dalam menghadapi masalah-masalah baru, artinya masalah-masalah yang pada waktu wahyu diturunkan belum ada dan tidak dibicarakan secara langsung dalam wahyu. Itu terutama relevan dalam bidang moralitas. Misalnya masalah bayi tabung atau pencangkokan ginjal. Bagaimana orang mengambil sikap terhadap dua kemungkinan itu : Boleh atau tidak? Bagaimana dalam hal ini ia mendasarkan diri pada agamanya, padahal dalam Kitab Suci agamanya, dua masalah itu tak pernah dibahas? Jawabannya hanya dapat ditemukan dengan cara menerapkan prinsip-prinsip etika yang termuat dalam konteks lain dalam Kitab Suci pada masalah baru itu. Nah, dalam proses itu diperlukan pertimbangan filsafat moral.Filsafat juga dapat membantu merumuskan pertanyaan-pertanyaan kritis yang menggugah agama, dengan mengacu pada hasil ilmu pengetahuan dan ideologi-ideologi masa kita, misalnya pada ajaran evolusi atau pada feminisme.Pelayanan 
keempat yang dapat diberikan oleh filsafat kepada agama diberikan melalui fungsi kritisnya. Salah satu tugas filsafat adalah kritik ideologi. Maksudnya adalah sebagai berikut. Masyarakat terutama masyarakat pasca tradisional, berada di bawah semburan segala macam pandangan, kepercayaan, agama, aliran, ideologi, dan keyakinan. Semua pandangan itu memiliki satu kesamaan : Mereka mengatakan kepada masyarakat bagaimana ia harus hidup, bersikap dan bertindak. Fiisafat menganalisa claim-claim ideologi itu secara kritis, mempertanyakan dasarnya, memperlihatkan implikasinya, membuka kedok kepentingan yang barangkali ada di belakangnya.Kritik ideologi itu dibutuhkan agama dalam dua arah. Pertama terhadap pandangan-pandangan saingan, terutama pandangan-pandang- an yang mau merusak sikap jujur, takwa dan bertanggungjawab. Fisafat tidak sekedar mengutuk apa yang tidak sesuai dengan pandangan kita sendiri, melainkan mempergunakan argumentasi rasional. Agama sebaiknya menghadapi ideologi-ideologi saingan tidak secara dogmatis belaka, jadi hanya karena berpendapat lain, melainkan berdasarkan argumentasi yang obyektif dan juga dapat dimengerti orang luar.Arah kedua menyangkut agamanya sendiri. Filsafat dapat mempertanyakan, apakah sesuatu yang oleh penganut agama dikatakan sebagai termuat dalam wahyu Allah, memang termasuk wahyu itu. Jadi, filsafat dapat menjadi alat untuk membebaskan ajaran agama dari unsur-unsur ideologis yang menuntut sesuatu yang sebenarnya tidak termuat dalam wahyu, melainkan hanya berdasarkan sebuah interpretasi subyektif. Maka filsafat membantu pembaharuan agama. Berhadapan dengan tantangan-tantangan zaman, agama tidak sekedar menyesuaikan dirinya, melainkan menggali jawabannya dengan berpaling kembali kepada apa yang sebenarnya diwahyukan oleh Allah.

B. Penjelasan  Tentang Mistik ( Mistisme )
Definisi 
Menurut asal katanya, kata mistik berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya rahasia (geheim), serba rahasia (geheimzinnig), tersembunyi (verborgen), gelap (donker) atau terselubung dalam kekelaman (in het duister gehuld). Menurut buku De Kleine W.P. Encylopaedie (1950, Mr. G.B.J. Hiltermann dan Prof.Dr.P. Van De Woestijne halaman 971 dibawah kata mystiek) kata mistik berasal dari bahasa Yunani myein yang artinya menutup mata (de ogen sluiten) dan musterion yang artinya suatu rahasia (geheimnis).Beberapa Pendapat tentang paham misitk atau mistisisme :
1.      Kepercayaan tentang adanya kontak antara manusia bumi (aardse mens) dan tuhan (Dr. C.B. Van Haeringen, Nederlands Woordenboek, 1948).
2.      Kepercayaan tentang persatuan mesra (innige vereneging) ruh manusia (ziel) dengan Tuhan (Dr. C.B. Van Haeringen, Nederlands Woordenboek, 1948).
3.     Kepercayaan kepada suatu kemungkinan terjadinya persatuan langsung (onmiddelijke vereneging) manusia dengan Dzat Ketuhanan (goddelijke wezen) dan perjuanagn bergairah kepada persatuan itu (Algemeene Kunstwoordentolk, J. Kramers. Jz).
4.      Kepercayaan kepada hal-hal yang rahasia (geheimnissen) dan hal-hal yang tersembunyi (verborgenheden). (J. Kramers. Jz).
5.     Kecenderungan hati (neiging) kepada kepercayaan yang menakjubkan (wondergeloof) atau kepada ilmu yang rahasia (geheime wetenschap). (Algemeene Kunstwoordentolk, J. Kramers. Jz).

Berdasarkan arti tersebut mistik sebagai sebuah paham yaitu paham mistik atau mistisisme merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman) sehingga hanya dikenal, diketahui atau dipahami oleh orang-orang tertentu saja, terutama sekali penganutnya.Selain diperolehnya definisi, pendapat-pendapat tentang paham mistik diatas berdasarkan materi ajarannya juga memberikan adanya pemilahan antara paham mistik keagamaan (terkait dengan tuhan dan ketuhanan) dan paham mistik non-keagamaan (tidak terkait dengan tuhan ataupun ketuhaan).

Ajaran dan Sumbernya Subyektif
Selain serba mistis, ajarannya juga serba subyektif tidak obeyktif. Tidak ada pedoman dasar yang universal dan yang otentik. Bersumber dari pribadi tokoh utamanya sehigga paham mistik itu tidak sama satu sama lain meski tentang hal yang sama. Sehingga pembahasan dan pengalaman ajarannya tidak mungkin dikendalikan atau dikontrol dalam arti yang semestinya.Biasanya tokohnya sangat dimuliakan, diagungkan bahkan diberhalakan (dimitoskan, dikultuskan) oleh penganutnya karena dianggap memiliki keistimewaan pribadi yang disebut kharisma. Anggapan adanya keistimewaan ini dapat disebabkan oleh :

1.      Pernah melakukan kegitan yang istimewa.
2.      Pernah mengatasi kesulitan, penderitaan, bencana atau bahaya yang mengancam dirinya apalagi masyarakat umum.
3.      Masih keturunan atau ada hubungan darah, bekas murid atau kawan dengan atau dari orang yang memiliki kharisma.
4.      Pernah meramalkan dengan tepat suatu kejadian besar/penting. Sedangkan bagaimana sang tokoh itu menerima ajaran atau pengertian tentang paham yang diajarkannya itu biasanya melalui petualangan batin, pengasingan diri, bertapa, bersemedi, bermeditasi, mengheningkan cipta dll dalam bentuk ekstase, vision, inspirasi dll. 

Jadi ajarannya diperoleh melalui pengalaman pribadi tokoh itu sendiri dan penerimaannya itu tidak mungkin dibuktikannya sendiri kepada orang lain. Dengan demikian peneriamaan ajarannya hampir-hampir hanya berdasarkan kepercayaan belaka, bukan pemikiran. Maka dari itulah diantara kita ada yang menyebutnya paham, ajaran kepercayaan atau aliran kepercayaan (geloofsleer).Mengingat pengajarannya tidak mungkin dikendalikan dalam arti semestinya, maka paham mistik mudah memunculkan cabang baru menjadi aliran-aliran baru sesuai penafsiran masing-masing tokohnya. Atau juga sebaliknya mudah timbul penggabungan atau percampuran ajaran paham-paham yang telah ada sebelumnya.Karena serba mistik maka paham mistik atau kelompok penganut paham mistik tidak terlalu sulit digunakan oleh orang-orang yang ada tujuan tertentu dan yang perlu dirahasiakan karena menyalahi atau bertentangan dengan opini umum atau hukum yang berlaku sebagai tempat sembunyi.
Abstrak dan Spekulatif
Materinya serba abstrak artinya tidak konkrit, misal tentang tuhan (paham mistik ketuhanan), tentang keruhanian atau kejiwaan, alam di balik alam dunia dll (paham mistik non-keagamaan). Dengan demikian pembicaraannya serba spekulatif, yaitu serba menduga-duga, mencari-cari, memungkin-mungkinkan dll (tidak komputatif). Pebicaraannya serba berpanjang-panjang, serba berlebih-lebihan dalam arti melebihi kewajaran atau melebihi pengetahuan dan pengertiannya sendiri (meski sudah mengakui tidak tahu, masih mencoba memungkin-mungkinkan). Oleh karena itu di kalangan penganut paham mistik tidak dikenal pembahasan disiplin mengenai ajarannya sebagaimana yang berlaku dalam diskusi atau munaqasyah.
Sebab orang menganut paham mistik
1.                   Kurang puas yang berlebihan, bagi orang-orang yang hidup beragama secara bersungguh-sungguh merasa kurang puas dengan hidup menghamba kepada tuhan menurut ajaran agamanya yang ada saja.
2.                 Rasa kecewa yang berlebihan, Orang yang hidupnya kurang bersungguh-sungguh dalam beragama atau orang yang tidak beragama merasa kecewa sekali melihat hasil usaha umat manusia di bidang science dan teknologi yang semula diandalkan dan diagungkan ternyata tidak dapat mendatangkan ketertiban, ketentraman dan kebahagiaan hidup. Malah mendatangkan hal-hal yang sebaliknya. Mereka ‘lari’ dari kehidupan moderen menuju ke kehidupan yang serba subyektif, abstrak dan spekulatif sesuai dengan kedudukan sosialnya.
Diantara mereka masih ada yang berusaha merasionalkan ajaran paham mistik yang dianutnya, dan ada pula yang tegas-tegas lepas sama sekali dari tuntutan kemajuan zaman ini. 

II.       HUBUNGAN RASIONALISME DAN FILSAFAT
Rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama. Rasionalisme mempunyai kemiripan dari segi ideologi dan tujuan dengan humanisme dan atheisme, dalam hal bahwa mereka bertujuan untuk menyediakan sebuah wahana bagi diskursus sosial dan filsafat di luar kepercayaan keagamaan atau takhayul. Meskipun begitu, ada perbedaan dengan kedua bentuk tersebut:
1.                   Humanisme dipusatkan pada masyarakat manusia dan keberhasilannya. Rasionalisme tidak mengklaim bahwa manusia lebih penting daripada hewan atau elemen alamiah lainnya. Ada rasionalis-rasionalis yang dengan tegas menentang filosofi humanisme yang antroposentrik.
2.                  Atheisme adalah suatu keadaan tanpa kepercayaan akan adanya Tuhan atau dewa-dewa; rasionalisme tidak menyatakan pernyataan apapun mengenai adanya dewa-dewi meski ia menolak kepercayaan apapun yang hanya berdasarkan iman. Meski ada pengaruh atheisme yang kuat dalam rasionalisme modern, tidak seluruh rasionalis adalah atheis.
Di luar diskusi keagamaan, rasionalisme dapat diterapkan secara lebih umum, misalnya kepada masalah-masalah politik atau sosial. Dalam kasus-kasus seperti ini, yang menjadi ciri-ciri penting dari perpektif para rasionalis adalah penolakan terhadap perasaan (emosi), adat-istiadat atau kepercayaan yang sedang populer. Pada pertengahan abad ke-20, ada tradisi kuat rasionalisme yang terencana, yang dipengaruhi secara besar oleh para pemikir bebas dan kaum intelektual.Rasionalisme modern hanya mempunyai sedikit kesamaan dengan rasionalisme kontinental yang diterangkan René Descartes. Perbedaan paling jelas terlihat pada ketergantungan rasionalisme modern terhadap sains yang mengandalkan percobaan dan pengamatan, suatu hal yang ditentang rasionalisme kontinental sama sekali.Sehingga dengan demikian bahwa hubungan rasionalisme dengan filsafat sangat erat dan tidak bisa dipisahkan karena satu sama lain saling mengikat dan koheren dimana rasionalisme adalan bagian penting dari konsep filsafat itu sendiri dan juga sebaliknya bahwa filsafat adalah ilmu yang mempelajari hakekat sesuatu secara rasional ( melaui konsep rasionalisme ) 

III.      UKURAN KEBENARAN SAINS            
Yang menjadi ukuran kebenaran sain adalah bagaimana sain itu sendiri tidak bertentangan dengan Al-Quran.Ada salah satu pendapat, bahwa pada dasarnya sains dan agama tidak bertentangan. Keduanya saling mendukung. Dengan logika bahwa Tuhan adalah pencipta Alam semesta ini tentu saja Tuhan tahu hukum2 alam yang berlaku pada ciptaanNya. Dewasa ini manusia cenderung berfikir kritis dan rasional. Penemuan kebenaran haruslah didasarkan pada kaidah-kaidah ilmiah. termasuk didalamnya adalah dalam mencari kebenaran agama, meskipun tidak semua masyarakat menyetujui pendapat ini. Ada hal-hal diluar logika yang membuat seseorang yakin akan kebenaran agama, antara lain mukjizat, kebenaran nubuwah (prediksi masa depan), dan lainnya.Meskipun demikian di era modern ini, kecendurangan untuk menggunakan logika ilmiah dalam menilai kebenaran sebuah ajaran agama tidak terelakkan. sains dianggap alat uji paling ojektif dalam menilai kebenaran agama. Itulah kenapa dewasa ini orang banyak sekali menghubung-hubungkan doktrin agama, nubuwat tuhan dengan sains modern. 

IV.          FUNGSI RUH 
QS. Al Hijr (15) : 29
 "Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya RuhKu, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud". 
QS. Tahrim (66) : 12
"dan Maryam puteri Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari Ruh Kami; dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan Kitab-kitab Nya; dan adalah dia termasuk orang-orang yang ta’at "
Jadi dari ayat diatas bisa diambil kesimpulan bahwa fungsi ruh ketika hidup adalah sebagai manipestasi tentang tuntutan ibadah dalam bentuk keta’atan seorang hamba terhadap sang Pencipta melalui gerak yang dimanipestasikan melalui gerakan anggota tubuh itu sendiri, sedangkan fungsi ruh tatkala kita sudah mati dalam artian berpisah dengan jasad maka tetap fungsi ruh itu sendiri sebagai penanggung jawab terhadap bentuk kata’atannya selama ia berada didunia. 

V.          TENTANG TASAWUF
Pengertian Tasawwuf
Tasawwuf dari segi bahasa ada yang mengatakan berasal dari akar kata Shafia yang berarti bersih atau suci. Ada juga yang mengatakan berasal dari akar kata shuff yang berarti wol, jenis bahan pakaian yang terbuat dari bulu domba. Konon para shufi pada masa lalu banyak yang menggunakan pakaian dari jenis ini. Dan banyak lagi yang menghubungkannya dengan makna lainnya.Tasawuf dalam bentuk istilah baku memang belum dikenal pada zaman Nabi Muhammad SAW. Istilah ini lahir beberapa abad pasca masa hidup RAsulullah SAW. Namun bila ditilik dari sisi esensi dan tujuan, maka bisa dikatakan bahwa tashawwuf adalah suatu cara orang untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan kebersihan hati serta menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau keduniaan. Dengan pengertian seperti ini maka dapat dikatakan bahwa Rasulullah SAW dan para shahabat adalah para shufi yang selalu mendekatkan diri pada Allah SWT dengan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangannya.Memang dalam fenomena sejarah sering kita dapati para penganut paham tasawuf menggunakan bermacam-macam cara dan metoda dalam melangkah. Dan harus kita terima kenyataan bahwa sebagai ndari jalan yang diambil itu ada yang tidak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Baginda Nabi SAW. Sebagaimana banyak pula dari mereka yang tetap berjalan di atas jalan yang lurus dan selamat dari hal-hal dilarang.Ada pendapat yang menyatakan bahwa istilah tasawuf diadopsi dari kata shafâ` (bersih) dan pelaku tasawuf disebut shufî artinya ialah orang hatinya bersih dari kotoran atau penyakit hati [Muhammad Amîn al-Kurd^I al-Irblî, Tanwîr al-Qulûb, h. 409]. Ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa tasawuf berasal dari kata shuffah. Yaitu, sebuah serambi sederhana yang terbuat dari tanah dengan bangunan sedikit lebih tinggi daripada tanah. Serambi itu terletak di sebelah timur masjid Nabi Muhammad di Madinah.Ada lagi pendapat yang menyatakan bahwa bahwa kata taswuf bersalah dari kata shûf yang berati bulu wol yang kasar. Alasannya ialah orang-orang sufi biasa memakai pakaian yang terbuat dari wol kasar untuk menunjukan kesederhanaan hidup mereka. Istilah sufi pertama kali muncul dalam literatur Arab kira-kira pada pertengahan abad ke sembilan untuk merujuk pada golongan askestis tetentu. Sedang orang yang pertama kali mendapat gelar sufi adalah Jâbir ibn Hayyân [Philip K. Hitti, History of Arabs, h. 248, penerbit Serambi].
Perbedaan tantang akar kata tasawuf tidak mempengaruhi esensi dari ajaran tasawuf. Jadi, perbedaan ini hanya menyangkut wilayah bahasa saja. Dan apapun akar katanya, tetap saja tasawuf tetap menunjuk pada makna orang-oang yang tertarik pada pengetahuan esetoris, yang menyelami dan menukik jauh ke dalam inti agama, yang berupaya mencari jalan dan praktik-paktik amalan yang dapat menghantarkannya pada kesadaran tercerahkan dan pencerahan hati [KH. Prof. DR. Said Aqil Siraj, Tasawuf Sebagai Kritik Sosial,Sufisme muncul sebagai reaksi atas sikap keduniaan para khalifah yang lebih asyik dengan perluasan wilayah kekuasaan Islam dari pada dengan nasib akhir mereka dan menikmatai kekayaan yang berlimpah pada mereka. Sedang orang-orang saleh hanya mengambil dunia secukupnya dan mengindari dari berlebih-lebihan serta takut akan godaan dunia. Konsekwensinya, zuhud atau asketisme menjadi gaya hidup mereka.Doktrin sufi yang tetuang dalam bentuknya yang matang pada abad keempat dan kelima Hijriah, memandang zuhd sebaga salah satu tahap utama. Da zuhd bukan berarti secara total menjauhi dunia. Kaum sufi atau asketik, mencari bimibingan dari Allah dengan membaca Al-Quran secara berulang-ulang. Karena ingin mempunyai semacam hubungan dengan Allah, mereka berupaya untuk meninternalisasikan kata-kata Allah melalui perenungan maknanya dengan khusyuk. Proses internalisasi Al-Quran ini telah menyebabkan sebagian dari mereka yang terlibat dalam kegiatan itu kadang mengalami kedekatan dengan Allah dan akibatnya membentuk konsep-konsep tasawuf yang dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Quran. Bahkan bukan hanya ini saja, tapi juga hubungan nabi Muhammad dangan Tuhan pun menurut mereka megandung dimensi sufisme tertentu, yaitu suatu kesadaran langsung terhadap kehadiran Allah. Dan dalam lingkaran orang-orang asketis inilah tasawuf atau sufisme berkembang.Setidaknya ada enam prinsip dasar tasawuf. 
Pertama, takwa kepada Allah dalam segala kondisi , bersikap wirai dan selau berada di jalan kebenaran. 
Kedua, mengikuti sunnah nabi, baik ucapan dan tindakannya, dan berakhlak baik. 
Ketiga, sabar dan tawakkal.
Keempat, ridha dengan apa yang diberikan Allah, baik sedikit maupun banyak. 
Kelima, selalu kembali pada Allah baik dalam keadaan senang maupun susah. 
Keenam, berpijak pada Al-Quran, sunnah, dan pengetahuan-pengetahuan yang ada pada kalangan khawwâs (para wali) [Muhammad Amîn a-Kurdî al-Irbilî, Tanwîr al-Qulûb, 
Keenam prinsip ini bisa diringkas menjadi dua prinsip.Yaitu prinsip mulâzamah dan mukhâlafah. Artinya selalu ingat pada Allah dan mengenyampingkan hal-hal yang bisa membuat kita lalai mengingat-Nya [DR Badawî Thabânah, pengantar tasawuf Islam dalam Ihyâ` Ulûm ad-Dîn]. 
Adapun tokoh yang saya ketahui adalam Imam Al-GozaliAbu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali ath-Thusi asy-Syafi’i (lahir 1058 di Thus, propinsi Khurasan, Persia (Iran), wafat 1111, Thus) adalah seorang filosof dan teolog muslim Persia, yang dikenal sebagai Algazel di dunia Barat abad Pertengahan.Adapun Ilmu Tasawufnya :
1.      Ihya Ulumuddin (Kebangkitan Ilmu-Ilmu Agama), merupakan karyanya yang terkenal
2.      Kimiya as-Sa’adah (Kimia Kebahagiaan)
3.      Misykah al-Anwar (The Niche of Lights)